Kenalilah Musuhmu

Kenalilah musuhmu: bahaya-bahaya dan pengaruh-pengaruhnya

Bagian paling kritis dari pelaksanaan mitigasi adalah pemahaman penuh akan sifat bencana. Dalam setiap negara dan dalam setiap daerah, tipe-tipe bahaya-bahaya yang dihadapi berbeda-beda. Beberapa negara rentan terhadap banjir, yang lain mempunyai sejarah-sejarah tentang kerusakan badai tropis, dan yang lain dikenal sebagai daerah gempa bumi. Kebanyakan negara rentan terhadap beberapa kombinasi dari berbagai bahaya dan semua menghadapi kemungkinan bencana-bencana teknologi sebagai akibat kemajuan pembangunan industri. Pengaruh dari bahaya-bahaya yang mungkin muncul dan kerusakan yang mungkin diakibatkan tergantung pada apa yang ada di daerah itu: orang-orangnya, rumah-rumahnya, sumber daya kehidupan dan infrastruktur. Setiap negara berbeda-beda. Untuk lokasi atau negara tertentu penting untuk mengetahui tipe-tipe bahaya yang mungkin ditemui.

Pemahaman dari bahaya-bahaya alam dan proses-proses yang menyebabkan bahaya-bahaya itu adalah tanggung jawab dari para ahli seismologi, vulkanologi, klimatologi, hidrologi dan para ilmuwan lainnya. Pengaruh-pengaruh dari bahaya-bahaya alam terhadap bangunan-bangunan dan lingkungan buatan manusia adalah merupakan bahan kajian dari para insinyur dan para ahli resiko.Kematian dan luka yang disebabkan oleh bencana-bencana dan konsekuensi-konsekuensi dari kerusakan sehubungan dengan gangguan masyarakat dan dampak-dampaknya terhadap ekonomi menjadi bidang penelitian bagi para praktisi medis, ekonom dan ilmuan sosial. Ilmu pengetahuan masih relatif muda contohnya, sebagian besar catatan dari gempa yang menimbulkan kerusakan dengan menggunakan instrumen-instrumen pembaca gerakan kuat diperoleh duapuluh tahun yang lalu, dan hanya semenjak adanya foto satelit badai-badai tropis sudah bisa secara rutin melacak. Pemahaman akan konsekuensi-konsekuensi dari kegagalan organisasi-organisasi sosial dan ekonomi-ekonomi regional bahkan baru belakangan ini saja terbentuk. Akan tetapi sekarang banyak buku-buku dan studi kasus-studi kasus yang mendokumentasikan insiden bencana-bencana dan semakin berkembangnya pengetahuan tentang bahaya-bahaya dan pengaruh-pengaruhnya.

Pemahaman bahaya-bahaya mencakup memahami tentang:

  1. bagaimana bahaya-bahaya itu muncul
  2. kemungkinan terjadi dan besarannya
  3. mekanisme fisik kerusakan
  4. elemen-elemen dan activitas-aktivitas yang paling rentan terhadap pengaruh-pengaruhnya
  5. konsekuensi-konsekuensi kerusakan

Ringkasan-ringkasan dari beberapa bahaya-bahaya besar dan pengaruh-pengaruhnya diberikan dalam ringkasan-ringkasan mitigasi bencana khusus pada halaman-halaman berikut.

Ringkasan-ringkasan tersebut menunjukkan bahwa bahaya-bahaya mempunyai pengaruh-pengaruh yang berbeda-beda terhadap bagian-bagian komunitas yang berbeda-beda pula, sektor-sektor ekonomi dan tipe-tipe infrastruktur: banjir-banjir cenderung menghancurkan produk pertanian akan tetapi menimbulkan lebih sedikit kerusakan terhadap struktur bangunan; gempa bumi cenderung menghancurkan bangunan-bangunan akan tetapi hanya mempunyai sedikit dampak terhadap tanaman yang sedang tumbuh di lahan. Kerentanan orang-orang, bangunan, jalan-jalan, jembatan-jembatan, pipa-pipa, sistim komunikasi dan elemen-elemen lain berbeda-beda untuk masing-masing bahaya.